Photo Effect :: Membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop cs

Hallo sobat, saya pengen nyoba buat tulisan lagi di blog ini. Tulisan kali ini tidak jauh beda dengan tulisan saya kemarin yaitu tentang Adobe Photoshop CS, kemarin saya membuat tulisan tentang memainkan efek warna pada photoshop CS6 hari ini saya akan mencoba menulis tetang efek photo yang lain, yaitu membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop caranya tidak terlalu rumit, cukup mudah ko sob.

Ada beberapa tahapan yang harus sobat lakukan untuk membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop, sebelum tahapan-tahapan ini saya peraktekan. Berikut adalah hasil gambar sketsa pensil yang saya buat dengan menggunakan adobe photoshop cs6

Cara membuat sketsa pensil dengan photoshop
Hasil Akhir
Ok berikut saya akan sedikit memperkatekan cara pembuatan gambar sketsa pensil dengan photoshop cs. Yang pertama tentunya sobat harus menyiapkan gambar yang akan dibuat menjadi sketsa pensil. Saya sendiri menggunakan gambar berikut :

cara membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop
Gambar belum di edit
Buka gambar tersebut dengan Photoshop Cs, Lalu buat gambar tersebut menjadi hitam putih. Caranya : Klik image >> Adjustment >> Black & White... Lalu klik Ok atau jika sobat ingin cepat bisa menggunakan tombol kombinasi berikut : Atl + Ctrl + Shft + B Hasilnya akan menjadi seperti gambar berikut :

Membuat gambar sketsa dengan photoshop
Black & White
Setelah gambar berubah menjadi hitam putih sobat kemudian copy atau duplicate layer nya sehingga Layernya menjadi dua, caranya klik Layer >> Duplicate Layer... berinama layer tersebut sesuai keinginan sobat :

memberi nama pada layer Photoshop
Memberi Nama Layer
Klik ok, Setelah itu di photoshop sobat akan ada 2 buah layer seperti berikut :

Layer Properties Photoshop CS
Hasil Duplicate Layer
Sekarang sobat sudah mempunyai dua layer, untuk langkah selanjutnya sobat tinggal klik Image >> Adjustment >> Invert Atau jika ingin lebih cepat sobat bisa menggunakan tombol kombinasi berikut untuk mempercepat pekerjaan CTRL + I. Hasilnya akan seperti gambar berikut :

membuat sketsa pensil dengan photoshop CS
Hasil Invert
Sekarang gambar cewek yang tadinya cantik, kini berubah jadi menyeramkan :D selanjutnya sobat akan buat gambar cewek cantik ini lebih menyeramkan lagi :D caranya : Klik Blur >> Gaussian Blur... lalu sobat kasih radius Pixel nya 2.5 aja. 
tahapan membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop
Radius Pixel Gaussian Blur
Hasilnya lebih menyeramkan lagi dari gambar diatas sob. :D 

Langkah membuat sketsa pensil dengan photoshop
hasil Gaussian Blur
Sekarang tahapan terakhir yaitu membuat gambar gadis yang menyeramkan ini berubah jadi gambar sketsa pensil, Caranya tinggal merubah properties gambar yang ada di layer dari Normal menjadi Color Dodge. Lihat gambar dibawah yang telah saya beri lingkaran warna biru :

Color dodge Photoshop CS
Color Dodge
Itu saja sebenarnya sudah cukup untuk membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop, tapi untuk hasil yang lebih baik saya lebih suka memberikan sentuhan akhir dengan cara membuang bintik hitam yang ada pada pada gambar sketsa. Caranya sobat gabungkan dulu 2 layer yang sudah kita buat tadi menjadi satu dengan menklik Layer >> Merge Visible atau untuk mempercepat pengerjaan sobat bisa gunakan tombol kombinasi Shift + Ctrl + E. Setelah layer tergabung kemudian sobat zoom gambar tersebut sampai bintik hitam kelihatan dengan jelas, lalu hapus gambar tersebut menggunakan eraser tool. berikut adalah bintik-bintik hitam yang hapus dengan menggunakan eraser tools : 

Bintik yang dihapus

yang saya hapus adalah yang saya beri lingkaran biru. Sehingga hasilnya menjadi seperti berikut :

Hasil Akhir

Itu saja yang saya tulis hari ini tentang cara membuat gambar sketsa pensil dengan photoshop CS, Selamat mencoba semoga sukses :)

Sobat suka tulisan ini..?

Dapatkan Tulisan Gratis Via Email!

Follow Fajar345!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Like This yo

Recommended Post Slide Out For Blogger
© Copyright 2010. Fajar345 Blog . All rights reserved | Fajar345 Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com - zoomtemplate.com